RSS

Kegiatan 3M (Melipat, Menggunting dan Menempel)

Kegiatan 3M (Melipat, Menggunting dan Menempel)

Pamadhi dan Sukardi dalam Purnamasari dkk (2014:5) mengakatakan bahwa melipat merupakan kegiatan tersendiri dari 3M. namun kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan kegiatan mewarnai, menggunting dan menempel, jika seandainya dibutuhkan sebagai tambahan untuk melengkapi kegiatan melipat.
Melipat kertas (origami) adalah suatu teknik berkarya seni/ kerajinan tangan yang umumnya dibuat dari bahan kertas dengan tujuan untuk menghasilkan aneka bentuk mainan, hiasan, benda fungsional, alat peraga dan kreasi lain. Andayani (dalam Purnamasai dkk 2014:5).
Kertas merupakan benda yang mudah untuk didapatkan, melipat kertas bertujuan untuk membuat sebuah bentuk yang diinginkan. Kertas yang dapat digunakan juga beragam dapat menggunakan kertas koran, kertas bekas maupun menggunakan kertas lipat berbagai warna. Belajar melipat merupakan salah satu pembelajaran untuk anak usia dini, karena memiliki aspek bermain sambil belajar dan juga menarik minat anak.
Menggunting merupakan kegiatan yang menarik bagi anak – anak. Menggunting termasuk teknik dasar untuk membuat aneka bentuk kerajinan tangan, bentuk hiasan dan gambar dari kertas dengan memakai bantuan alat pemotong. Sumantri ( dalam Indriyani 2014:20) mengemukakan bahwa menggunting adalah memotong berbagai aneka kertas atau bahan – bahan lain dengan mengikuti alur, garis atau bentuk – bentuk tertentu merupakan salah satu kegiatan yang mengembangkan motorik halus anak. Koordinasi mata tangan dapat berkembang melalui kegiatan menggunting. Saat menggunting jari jemari anka akan bergerak mengikuti pola bentuk yang digunting.
Sedangkan menempel adalah salah satu kegiatan yang menarik minat anak – anak karena berkaitan dengan meletakkan dan merekatkan sesuatu sesuka mereka. Bahan – bahan yang digunakan untuk direkatkan terdiri dari berbagai bentuk kertas, kain, bahan – bahan bertekstur dan benda – benda menarik lainnya, bisa 2 dimensi atau 3 dimensi.
Dari tiga pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan 3M (melipat, menggunting, dan menempel) merupakan suatu kegaiatan belajar yang menarik untuk anak usia dini karena kegiatan ini berbasis pada kegiatan belajar sambil bermain, selain itu kegiatan ini mengasah kreatifitas pada anak.


Melipat kertas lipat bukan hanya mainan anak-anak, sebagaimana yang dikemukakan oleh Hiray Maya (dalam Supatun 2013:5), selain modelnya, aktivitas melipat kertas lipat itu sendiri ternyata juga sangat disenangi oleh hampir semua anakanak, maka bagi orang tua yang sudah mengerti manfaat dan nilai positifnya bagi mereka, tentu tidak akan melewatkan aktivitas, sarana, dan kesempataan ini. Berikut ini beberapa alasan dan sekaligus manfaat melipat kertas lipat. 
1)         Anak belajar meniru/mengikuti arahan 
2)         Anak belajar berkreativitas
3)         Anak belajar berimajinasi
4)         Anak belajar bekarya (seni)
5)         Anak belajar menghargai/mengapresiasi
6)         Anak belajar membuat model
7)         Anak belajar membuat mainan sendiri
8)         Anak belajar membaca diagram/gambar
9)         Anak belajar menemukan solusi bagi persoalannya
10)    Anak belajar perbandingan (proporsi) dan berpikir matematis.
Suratno (dalam Indriyani, 2014:21) menyatakan bahwa kegiatan menggunting dapat melatih otot – otot tangan dan jari anak serta melatih konsentrasi anak. Selain ada banyaknya manfaat yang akan didapatkan anak dari kegiatan menggunting diantaranya :
1)         Melatih motorik halus.
2)         Melatih koordinasi tangan, mata, dan konsentrasi.
3)         Meningkatkan kepercayaan diri.
4)         Lancar menulis.
5)         Ungkapan ekspresi.
6)         Mengasah kognitif.
Sedangkan manfaat kegiatan menempek untuk anak adalah sebagai berikut :
1)         Melatih Motorik Halus
2)         Meningkatkan Kreativitas
3)         Melatih Konsentrasi
4)         Meningkatkan Kepercayaan Diri
Melipat kertas origami sesuai dengan petunjuk guru dan kemudian menggunting bagian yang telah ditentukan merupakan kegiatan yang mengasah motorik halus seorang anak. Begitu pun dengan kegiatan menempel. Mengambil lem menggunakan jari jemari kemudian mengoleskan ke bagian yang akan ditempel, anak akan menjadi lebih terlatih. Semua kegiatan diatas bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak secara maksimal mengingat ketika usia dini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan otak yang sangat pesat.
Ketika anak melakukan kegiatan 3M (Melipat, menggunting dan menempel) anak akan meliha hasilnya. Hal tersebut merupakan reword positif yang akan meningkatkan kepercayaan diri seorang anak dan akan kembali mengulang atau melakuka kegiatan itu kembali. Gerakan – gerakan halus pada saat melipat, menggunting dan menempel akan membantu ankan lebih mudah belajar menulis. Kegiatan 3M dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan kreativitas anak. Koordinasi mata dan tangan pada saat melakukan kegiatan 3M memberikan stimulasi pada otak sehingga kemampuan kognitif anak juga terasah.

Eliyawati  (dalam Indriyani 2014:22) mengemukakan bahwa media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dalam prosese komunikasi pendidikan. Agar pesan – pesan pendidikan yang disampaikan guru dapat diterima dengan baik oleh anak. Peran media dalam kegiatan pendidikan untuk anak usia dini sangat penting karena perkembangan anak pada saat itu berada pada masa berfikir konkrit sehingga anak diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata. Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan 3M (melipat, menggunting dan menempel) dalam penelitian ini menggunakan media kertas origami yang berwarna – warni dan diharapkan menarik minat anak. 

Cara membuat 3M merupakan hal yang tidak bisa dikatakan mudah maupun sulit, namun yang dibutuhkan adalah tingkat imajinasi dan ketelitian yang tinggi. Menurut M. Hamid Mitarwan (dalam Habsari, 2014:40)  mengungkapkan bahwa biasanya seniman dalam membuat 3M hanya dengan melipat kertas kemudian memotongnya dan menempel untuk memperoleh bentuk yang diinginkan. Pembuatan 3M biasanya dilakukan dengan cara melipat-lipat kertas menjadi beberapa lipatan, mengguntingnya dengan membentuk pola tertentu sehingga pada saat kertas kembali dibuka dan dikembangkan akan muncul dengan bentuk yang artistik dan sesuai dengan pola 
Adapun teknik 3M yang disampaikan oleh M. Hamid Mitarwan (dalam Habsari, 2014:40) yaitu:
1)            Teknik Memotong dan Menggunting
Teknik memotong dan menggunting tergantung pada pola yang dibuat dan yang akan dibentuk. Teknik memotong menggunakancutter harus menggunakan cutter yang tajam dan staintess steel dan landasan kaca sehingga hasil potongan terlihat rapi. Bentuk pola juga mempengaruhi cara memotong, dimulai dari titik mana saat memotong dan memilih alat untuk memotong. Jika kesulitan memakai gunting untuk memotong suatu pola, maka dapat digunakan cutter untuk memotong pola-pola yang rumit seperti lengkungan bola sabit, gambar bentuk hati yang memiliki lengkungan yang sulit, dan lain-lain.
2)            Teknik Melipat 3M
Merupakan lipatan ke dalam, lipatan keluar, membentuk sudut lipatan sebesar 90 derajat, sudut lipatan bebas, dan ada pula kertas yang tidak dipotong akan tetapi ditekuk bebas.
Kegiatan 3M merupakan kegiatan yang kreatif dan menarik bagi anak. Kegiatan 3M membutuhkan langkah – langkah kerja yang memudahkan anak untuk melakukan kegiatan tersebut.
Tahap pertama yang harus dilakukan adalah persiapan, dimulai dengan menyiapkan kertas dan ukuran kertas, kemudian menentukan tema kegiatan melipat. Juga disiapkan bahan pembantu sesuai dengan tema yang akan dibuat. Warna yang digunakan usahakan menarik minat anak.
Tahap kedua adalah pelaksanaan, yaitu melakukan lipatan kertas sesuai dengan tema, guru memberikan contoh lipatan demi lipat an langsung ditirukan oleh anak. Setelah lipat sudah jadi mintalah anak untuk menggunting bagian yang telah ditentukan oleh pendidik.
Kemudian tahap terakhir yaitu penyelesaian, ketika hasil lipatan dan guntingan telah usai ajak anak untuk menempel hasil lipatan dan guntingan anak dengan lem di buku menempel yang telah disediakan yang nantinya dapat ditunjukkan hasil karya mereka didepan kelas, atau pada orang tua mereka.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar