Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Satuan pembelajaran : SD 000
Mata Pelajaran : Matematika, IPA
Kelas/Semester : I/ I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
2. IPA Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
II. Kompetensi Dasar 1. Matematika Membilang banyak benda
2. IPA Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya sertacara perawatannya
III. Indikator A. Kognitif 1. Produk · Menuliskan bilangan angka 1-10 · Mengenali bagian-bagian anggota tubuh 2. Proses · Membilang atau menghitung secara berurutan · Menceritakan kegunaan bagian-bagian anggota tubuh yang diamati
B. Afektif
1. Karakter · Siswa tertib dalam pembelajaran · Peduli dengan sesama teman · Berperilaku santun
2. Keterampilan social · Melakukan komunikasi dan bertanya · Saling membantu teman dalam mengerjakan tugas yang sulit
C. Psikomotor · Murid lancar membilang atau menghitung secara berurutan · Murid lancar menyebutkan bagian-bagian tubuh
IV. Tujuan Pembelajaran A. Kognitif 1. produk · Setelah proses pembelajaran Murid dapat menghiting bilangan angka 1-10 · Setelaah guru selesai menjelaskan, murid dapat menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh
2 . proses · murid dapat menghitung bilangan angka 1-10 · Murid mampu menyebutkan bagian-bagian tubuh
B. Afektif 1. Karakter · Dalam Pembelajaran siswa tertib dalam belajar · Murid dapat Peduli dengan sesama teman · Murid dapat Berperilaku santun
2. Keterampilan sosial · Murid dapat Melakukan komunikasi dan bertanya · Murid dapat saling membantu dalam mengerjakan soal yang sulit
C. Psikomotoriko Setelah pembelajaran murid dapat membilang dan menghitung angka 1-10o Setelah pembelajaran siswa mampu menyebutkan anggota bagian tubuh
V. Materi Pembelajaran
· Membilang banyak benda· Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaannya dan cara perawatannya
VI. Model dan Metode Pembelajaran
· Model pembelajaran : kooperatif tipe STAD · Metode pembelajaran : Ceramah, Praktek, Tanya jawab, Penugasan, dan Diskusi
VII. Media dan Sumber pembelajaran 1. Media pembelajaran · Kartu bilangan · Bagian-bagian tubuh
2. Sumber : o buku Matematika kelas 1, penerbit 3 serangkai, halaman 15-17 o buku IPA kelas 1 penerbit erlangga, halaman 4-5
VIII. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan Awal
|
Waktu
|
1.
|
Memeriksa kesiapan siswa
|
5 menit
|
2.
|
Membaca doa
| |
3.
|
Apersepsi
| |
4
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
| |
5
|
Menyanyikan lagu “sayang Semua”
|
No
|
Kegiatan Inti
|
Waktu
|
1
|
Guru menjelaskan materi pembelajaran
|
60 menit
|
2
|
Murid mengamati dan menghiting benda dengan jumlah yang berbeda
| |
3
|
Murid menuliskan Lambang bilangan 1-10
| |
4
|
Guru menjelaskan kegunaan bagian-bagian anggotya tubuh
| |
5.
|
Guru dan murid menuliskan anggota tubuh yang penting
| |
6.
|
Murid mencontohkan cara merawat anggota tubuh
| |
7.
|
Guru memberi evaluasi atau penilaian
|
No
|
Kegiatan Akhir
|
Waktu
|
1
|
Guru dan murid membuat kesimpulan
|
5 menit
|
2.
|
Guru memberi PR
| |
3
|
Menyanyi bersama
| |
4
|
Guru memberi pesan-pesan moral
|
IX. penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
1. Matematika :
· Meghitung banyaknya benda
· Membilang suatu benda
2. IPA :
· Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
· Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
· Menunjukkan cara merewat tubuh.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
pilihan ganda
isian
|
1. Matematika :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1. 2 +3 = ............
2. 4 + 5 = ...........
3. 1, ...., 3,....,.4.......,5......
4. Jumlah kelereng pada gambar adalah........
5. Jumlah mobil pada gambar ada....................
2. IPA :
Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !
1. ini gambar ………..
a. mata
b. telinga
c. kaki
2. bila kita makan menggunakan ............
a. tangan
b. Hidung
c. mulut.
3. membaca menggunakan ......
a. rambut
b. mata
c. Perut
4. supaya bersih gigi harus .....
a. dicuci
b. digosok
c. dicabut
|
Kriteria Penilaian 1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
| |
Kerjasama
|
Partisipasi
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Kepala Sekolah
( ________________ )
NIP/NIK : …….......
|
Guru Tematik Kelas I
pertiwi Kurnia
( _____________________)
NIP/NIK :
|
0 komentar:
Posting Komentar